10 May 2013

Akhirnya, Rihlah!

Setelah dua tahun bersama-sama dalam satu lingkaran, akhirnya kami punya waktu untuk rihlah ke luar kota. Kesempatan yang benar-benar langka mengingat sulitnya mempertemukan waktu kosong di luar hari ahad. Mendadak saja hari libur nasional kemarin dieksekusi sebagai Hari Bersama liqo kami. Tempat yang dipilih pun merupakan sungai tak bernama yang jarang dikunjungi. Sungai itu terletak di sebuah desa kecil di kecamatan Manuju Kabupaten Gowa. Butuh waktu sekitar satu setengah jam naik angkot untuk mencapai desa ini. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15 menit masuk hutan dan melewati pematang sawah sebelum akhirnya sampai di tujuan. 

Sungai itu mempunyai tebing yang tinggi dan licin di beberapa bagian. Begitu tiba di sana, kami berlomba memanjat tebing dan menceburkan diri ke kolam di bawahnya. Tapi berhubung saya kebagian tugas dokumentasi, jadi kerjanya di belakang kamera terus. Tidak bisa bebas bernarsis-narsis ria seperti yang lain. Langkah kaki saya mengikut ke mana saja suara orang-orang meminta difoto. Hiks… 

Puas berenang kesana kemari, acara dilanjutkan dengan paket saling menasihati di atas bebatuan. Sangat menenangkan. Lantunan ayat Al qur’an diapit oleh gemercik air sungai dan bunyi rerimbunan pohon bambu. Ketika matahari sudah melewati tengah langit, acara dilanjutkan dengan shalat dhuhur berjamaah dan makan siang. Menunya sederhana saja, berupa nasi putih, sayur, ikan goreng super besar, sambal, semangka dan pudding coklat keju. Dengan perut yang sudah keroncongan, menu sederhana itu bisa membuat air liur menetes. Sayang, saya belum sempat mengabadikannya karena sudah diserbu duluan oleh orang-orang yang kelaparan. 

Rihlah ditutup dengan acara tukar kado. Mendekati pukul 5 sore, kami pamit pada warga sekitar dan pulang dalam dua kondisi : lelah sekaligus senang. Semoga rihlah kali ini semakin memperat jalinan ukhuwah di antara kami. 

Berikut ini gambar-gambar yang sempat saya ambil. Sebenarnya ada banyak, tapi hanya inilah yang murni gambar alam, tanpa ada manusia yang berpose di sekitarnya. Hehehe



Dari atas tebing





 

 
;