24 September 2011

Senyum Hari Ini

Saya kembali berkeliaran di pusat perbelanjaan. Tempat paling pertama yang selalu saya datangi adalah toko buku. Setelah itu baru menuju ke tempat lain jika memang masih ada keperluan. Dan seperti biasa pula, saya selalu pergi sendiri. Setelah membeli buku, saya menuju ke hypermart untuk membeli beberapa kebutuhan harian. Saat mendekati eskalator, terlihat seorang ibu yang kebingungan. Sepertinya dia takut naik eskalator itu. Dari arah bawah temannya sudah memanggil-manggil.  

Saya lalu menawarkan bantuan. Awalnya dia takut. Jadi saya membiarkan dia berpegang sepenuhnya pada tangan saya. Lalu saya memberikan instruksi untuk melangkahkan kaki kanannya terlebih dahulu dan jangan melompat. Dia mengikutinya. Kami pun melewati eskalator sambil tertawa karena saling berusaha mempertahankan keseimbangan. Kami sampai ke bawah dengan ‘selamat’. Setelah ibu itu pamit, entah kenapa saya merasa lega, atau mungkin senang.

Sebenarnya saya agak kesal karena beberapa buku yang saya cari-cari stoknya habis. Dan setelah hampir 4 jam keliling mencari, saya tidak juga menemukan buku lain yang bisa jadi pengganti. Tapi setelah menolong ibu tadi rasanya kesal saya hilang. Saya senang melihat kelegaan di wajah ibu itu. Sepertinya, menolong orang lain adalah salah satu hal yang bisa membuatmu tersenyum.
 
;